Sabtu, 04 Agustus 2018

Salah Ucap, Bisa Berarti "Masalah"

Kalimat
"Dibunuh golok"
atau
"Dibunuh pake golok"

Dua kalimat itu bisa bermakna ganda, serupa tapi tak sama.
Dimana "Dibunuh golok" (bisa bermakna: dibunuh oleh si golok. Si golok disini sebagai subjek/ pelaku kejahatan. Si golok yang bersalah), sedangkan
"Dibunuh pake golok" (bisa bermakna: dibunuh menggunakan golok. Aka yang ngebunuh bukan si golok tapi si golok hanya merupakan Objek yang dipakai oleh si pelaku kejahatan. Si goloknya enggak bersalah).

Kasusnya mungkin hampir serupa dengan kasus beberapa waktu lalu. Enggak berusaha mengungkit ataupun membela yah, hanya menjadikan contoh.
Bahwa kita harus berhati-hati dengan kata-kata yang keluar dari mulut ataupun jempol kita, karena kata-kata yg keluar itulah yang akan diterima oleh orang lain. Baik itu maksudnya memang seperti itu, ataupun tidak bermaksud seperti itu.
Kita enggak bisa kan bilang bahwa salah satu pihak terlalu "sensitif"... yaa karena memang kata-kata yang keluar seperti itu kok, meskipun si sumber (komunikator) mengatakan dia tidak bermaksud seperti itu, tapi penerima (komunikan) kan tidak tahu dan tidak akan langsung percaya apakah benar maksudnya seperti itu atau tidak. (Kebanyakan dari kita kan gak bisa baca pikiran atau hati orang lain. Dalamnya laut bisa dicari tahu, dalamnya hati orang siapa yang tau... cieeehhh naha jadi kadieu 😋)

Dan camkan, KATA-KATA YANG SUDAH KELUAR TIDAK DAPAT DITARIK KEMBALI (hanya bisa dimaafkan atau dilupakan, itupun kalo yang denger mau 😋).

Jika tidak ingin menjadi masalah, ada beberapa pilihan, diantaranya (ini menurut saya loh ya):
Pertama, lebih teliti kata/ kalimat yg akan diucapkan.
Kedua, bersikap kesatria dengan mau mengakui kesalahan dan meminta maaf bahkan bila harus di muka umum, atau bahkan menjalani hukuman yang lebih berat (😖😖😖 oh nooo!!!).
Atau yang ketiga, (kalo kamu sadar belum bisa berkata-kata yang benar dan yakin gak bakalan menyakiti hati dan "peurasaan" orang lain) mending diem aje deh... hehe daripada jadi masalah... Ner nggak 😋😉

sumber : just my irmagination

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Disqus for MaTaDaGa