Selasa, 03 Mei 2011

Menganalisa Bau dan Warna Air Seni

Bau abnormal atau warna urin Anda dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Urin dikeluarkan oleh orang yang sehat dinyatakan terhidrasi biasanya tidak memiliki bau yang kuat dan warnanya krem bening.

Beberapa makanan, suplemen vitamin dan obat-obatan dapat menyebabkan perubahan bau atau warna pada urin Anda, misalnya, asparagus menyebabkan bau urin abnormal.
bau urin Anda atau perubahan warna mungkin hanya sementara, jadi jangan langsung berasumsi itu adalah tanda penyakit, kondisi, atau infeksi.

Bau Urin Abnormal

* Urin berbau busuk dapat disebabkan oleh bakteri, tanda umum dari infeksi pada saluran kencing atau infeksi kandung kemih.

* Urin berbau manis/seperti air gula merupakan tanda diabetes atau suatu penyakit metabolisme langka.

* Urin berbau apak mungkin merupakan tanda penyakit hati dan beberapa gangguan pada metabolisme.

* Bau Ammonia adalah urin yang terkonsentrasi karena dehidrasi (kurang cairan)

* Bau karamel/gula bakar adalah tanda penyakit genetik berbahaya yang sangat langka (disebut 'maple-syrup urine disease)

Pada beberapa makanan tertentu dan obat-obatan, termasuk vitamin, dapat mempengaruhi urin anda, bau. Contoh : asparagus menyebabkan bau yang sangat khas.

Warna Urin Abnormal

* Seperti berkabut, keruh, berdedak atau seperti berkarat adalah karakteristik infeksi saluran kemih atau infeksi kandung kemih, yang juga mungkin memiliki bau yang tidak enak.

* Urine keruh dapat disebabkan oleh bakteri, lendir, sel-sel darah putih atau sel darah merah, sel-sel epitel, lemak, atau fosfat.

* Urin coklat tua atau coklat terang mungkin menandakan adanya gangguan hati seperti virus hepatitis akut atau sirosis.

* Urin berkarat atau merah gelap adalah gejala hematuria (darah dalam urin) penyebab rhabdomyolysis.

* Urin pink, merah, coklat berkabut dapat disebabkan oleh obat atau mengkonsumsi bit, pewarna makanan atau buah blackberry.

* Urin pink, merah, coklat berkabut, bisa juga tanda-tanda gangguan saluran kemih seperti cystitis, prostat membesar, kanker ginjal, tumor kandung kemih, TBC, batu ginjal, infeksi ginjal, atau trauma pada ginjal atau saluran kemih.

* Urin kuning gelap atau oranye dapat disebabkan oleh obat pencahar atau vitamin B kompleks, karoten atau kanker pankreas.

* Urin Oranye juga sering disebabkan oleh pyridium, rifampisin, dan warfarin.

* Urin kehijauan atau biru karena efek pewarna buatan dalam makanan atau obat, dan obat-obatan termasuk amitriptyline, indometasin, dan doxorubicin.

*Proteinuria adalah terlalu banyak protein dalam urin yang menyebabkan urin berbusa. Secara umum, jika ginjal Anda secara fisik sehat, protein biasanya tersaring agar tidak masuk dalam urin Anda karena ukuran protein yang besar. Dalam kondisi kerusakan pada glumeruli (filter pada ginjal), protein dapat lolos masuk dalam aliran urin .

Setiap perubahan pada urin bau dan warna harus diperhatikan jika tetap dalam waktu lebih dari dua hari, atau terjadi berulang2 , harus dibicarakan dengan dokter Anda untuk melacak penyebab perubahan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Disqus for MaTaDaGa